RENCANA STRATEGIS

RENCANA STRATEGIS DINAS SOSIAL KABUPATEN MALANG TAHUN 2011 - 2015

VISI : Terwujudnya  kesejahteraan sosial masyarakat melalui usaha bersama pemerintah dan masyarakat.

            Visi ini mengandung arti bahwa pembangunan bidang kesejahteraan sosial yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat ditujukan untuk mewujudkan suatu kondisi masyarakat yang masuk ke dalam kategori PMKS menjadi berkesejahteraan sosial pada tahun 2015

MISI :

  1. Meningkatkan aksesibilitas perlindungan sosial untuk menjamin pemenuhan kebutuhan dasar, pelayanan sosial pemberdayaan sosial jaminan kesejahteraan sosial bagi PMKS
  2. Meningkatkan profesionalisme pelayanan dan perlindungan sosial dalam bantuk bantuan sosial, rehabilitasi, pemberdayaan dan jaminan sosial sebagai metode penanggulangan kemiskinan
  3. Meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetia kawanan sosial untuk menjamin keberlanjutan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial
  4. Menggalang PSKS serta meningkatkan partisipasi sosial masyarakat secara harmonis
  5. Mengembangkan perlindungan dan jaminan sosial PMKS
  6. Meningkatkan transparansi sosial dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

TATA NILAI :

        Nilai luhur yang berkembang di masyarakat dan memberikan semangat dalam mengembangkan usaha kesejahteraan sosial di Kabupaten Malang, antara lain :

  • Rasa Kebersamaan dan Kegotong - royongan
  • Toleransi
  • semangat Kesetiakawanan Sosial.

TUJUAN :

  • Terwujudnya pelayanan yang cepat dan tepat
  • Meningkatnya kualitas sumberdaya aparatur
  • Meningkatnya pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan
  • Terentasnya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)
  • Terwujudnya perlindungan dan jaminan sosial serta kesetiakawanan sosial masyarakat.
  • Terwujudnya peran serta dan tanggung jawab sosial masyarakat dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial
  • Terlestarikan, tertananm dan teramalkannya nilai-nilai kepahlwanan, keperintisan dan kejuangan.

SASARAN :

  • Meningkatnya kualitas pelayanan publik, terutama pelayanan dasar, pelayanan umum, dan pelayanan unggulan
  • Meningkatkan perluasan jangkauan pelayanan sosial kepada para penyandang masalah kesejahteraan sosial
  • Meningkatkan dan mengoptimalkan sumber dan potensi kesejahteraan sosial dan peran serta masyarakat dalam pembangunan bidang kesejahteraan sosial
  • Meningkatkan kualitas hidup bagi PMKS terhadap pelayanan sosial dasar, fasilitas pelayanan publik, dan jaminan kesejahteraan sosial
  • Mengembangkan dan menyerasikan kebijakan untuk penanganan masalah strategis yang menyangkut masalah kesejahteraan sosial

Strategi / Kebijakan : 

  • Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi perkantoran
  • Meningkatnya kualitas sumber daya aparatur
  • Meningkatnya kualitas laporan capaian kinerja dan keuangan
  • Meningkatnya pembinaan terhadap penyandang masalah kesejahteraan sosial
  • Tertanganinya korban bencana alam dan orang terlantar
  • Meningkatnya pembinaan terhadap potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS)
  • Pendayagunaan TMP/TMB sebagai sarana pelestarian dan pengamalan nilai kepahlawanan, keperintisan dan kejuangan.

 


Last Update:11-04-2011 15:03