Berita Terkini

PENGUATAN KAPASITAS PELAKSANA PKH KABUPATEN MALANG
11-10-2017 16:22

Tantangan para pelaksana Program Keluarga Harapan di Kabupaten Malang untuk peningkatan kualitas kesejahteranan KM Peserta PKH dimulai dari peningkatan kualitas Operator dan Pendamping PKH se Kabupaten Malang

Bertempat di Aula Islamic Center Jl. Trunojoyo Kepanjen Kabupaten Malang, Rabu, 11 Oktober 2017, Dinas Sosial Kabupaten Malang melaksanakan koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) yang dikemas dalam agenda Penguatan Kapasitas Pendamping PKH untuk Mewujudkan Pemberdayaan KPM PKH yang Mandiri melalui KUBE, dengan melibatkan semua unsur pelaksana PKH, yakni PPKH Kabupaten Malang, semua Operator dan Pendamping PKH se Kabupaten Malang.

Pada kesempatan pembukaan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang selaku Ketua Pelaksana Tim Teknis Program Keluarga Harapan di Kabupaten Malang, ditekankan terhadap tugas fungsi secara teknis maupun administrasi para Operator dan Pendamping PKH, lebih lanjut dalam hal tugas sosial diminta adanya komitmen yang tinggi untuk pendampingan kepada KM Penerima Manfaat peserta PKH, sehingga semua para peserta PKH mendapatkan dampingan yang selayaknya, selain itu fungsi advokasi para pendamping tentunya harus berjalan, agar semua program pengentasan kemiskinan dapat menjangkau atau menyentuh semua peserta PKH. Lebih lanjut ditegaskan bahwa, dengan tugas fungsi yang berat untuk suatu proses pengentasan kemiskinan, maka tugas para Pendamping PKH tidak untuk kelancaran proses penyaluran bantuan saja, akan tetapi lebih jauh adalah dalam suatu proses pemberdayaan bagi para peserta PKH, sehingga ke depan diharapkan adanya peningkatan kualitas kesejahteraan peserta PKH, dari hasil pemberdayaan yang dilakukan oleh para Pendamping PKH. Untuk itu gerakan pemberdayaan bagi peserta PKH sudah menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh para pendamping PKH tanpa terkecuali. Oleh karenanya tantangan utama saat ini yang dihadapi oleh para Pendamping PKH adalah meningkatkan kualitas dengan berbagai bentuk keahlian dan ketrampilan sesuai dengan yang dibutuhkan para peserta PKH dampingannya, baik untuk kebutuhan usaha mandiri perorangan maupun usaha yang dilakukan secara berkelompok dengan pola pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) PKH. Hal ini tentunya dibutuhkan suatu komitmen dan ketekunan serta kesabaran  yang sangat tinggi dari para Pendamping PKH, dengan harapan upaya yang dilakukan benar-benar dapat berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh para peserta PKH.

Sejalan dengan tuntutan yang dihadapi oleh para pelaksana PKH di Kabupaten Malang, maka untuk efektivitas dan evisiensi rapat koordinasi saat ini selain untuk koordinasi teknis penyaluran bantuan dengan BNI Malang, bahwa juga dikemas untuk Penguatan Kapasitas Pendamping PKH se Kabupaten Malang dengan mendatangkan motivator dari Perguruan Tinggi di Malang, ibu Dr. UMI DAYATI untuk mensuport dan meningkatan semangat serta memberikan pembekalan komitmen tugas fungsi untuk peningkatan kinerja bagi 14 Operator dan 180 Pendamping PKH se Kabupaten Malang.