Berita Terkini

Tim Kementerian Sosial melakukan koordinasi pelaksanaan RUTILAHU
09-10-2017 16:48

Kementerian Sosial bantu Rumah Tinggal Layak Huni (RUTILAHU) di Kabupaten Malang untuk mewujudkan Rumah Tinggal yang aman, nyaman dan sehat.

Bertempat di Ruang Kerja Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Senin, 9 Oktober 2017, Tim dari Dijten Dayasos Kemensos RI dan Pimpinan PT. WINGS Jakarta, melakukan koordinasi dalam rangka persiapan pelaksanaan Program Bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (RUTILAHU)  dan Sarana Lingkungan di Kabupaten Malang.

Pada kesempatan tersebut, diinformasikan Kabupaten Malang akan menerima bantuan rehabilitasi sebanyak 80 Unit RUTILAHU dari Kementerian Sosial, dengan lokasi yang tersebar di Desa Jabung, Kemiri dan  Argosari Kecamatan Jabung dan Desa Jambesari Kecamatan Poncokusumo.

Secara teknis untuk pelaksanaan RUTILAHU dilaksanakan pendampingan oleh Perguruan Tinggi di Malang yang telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Sosial, yakni Universitas Islam Malang mendampingi di Desa Jabung, Kemiri dan Argosari Kecamatan Jabung, sedangkan Universitas Muhammadiyah Malang untuk pelaksanaan di Desa Jambesari Kecamatan Poncokusumo.

Selain itu melalui CSR PT. WINGS akan memberikan bantuan Sarana Lingkungan (SARLING) berupa pembangunan Jambanisasi di masing-masing desa untuk melengkapi pembangunan rehabilitasi Rumah Tinggal Layak Huni, sehingga ke depan diharapkan terwujudnya rumah yang aman, nyaman dan sehat bagi para Rumah Tangga Miskin  (RTM) / Tidak Mampu. Lebih lanjut data RTM yang akan diberi bantuan bersumber dari Basis Data Terpadu (BDT) Tahun 2015 yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial.

Harapan dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Perguruan Tinggi yang melakukan pendampingan dalam pelaksanaan program ini benar benar mencermati data BDT Tahun 2015, sehingga nantinya tepat sasaran, sejalan dengan salah satu prioritas dari Pemerintah Kabupaten Malang, yakni Pengentasan Kemiskinan sesuai dengan amanah BDT Tahun 2015. Dimana Program RUTILAHU ini akan melengkapi program sejenis yang saat ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Malang melakukan Bedah Rumah dengan target 2.000 unit rumah pada Tahun 2017.