Berita Terkini

RAPAT KOORDINASI PENYALURAN BATUAN BERAS BERSUBSIDI TAHAP II (DUA) TAHUN 2017
04-10-2017 18:33

Bantuan Beras Bersubsidi Tahap II Program Percepatan dan Perluasan Penanggulangan Kemiskinan di Provinsi JAwa Timur Tahun 2017.

Bertempat di Hotel Mercure–Surabaya, pada hari Selasa, tanggal 3 Oktober 2017, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melaksanakan Rapat Koordinasi Penyaluran Bantuan Beras Bersubsidi Tahap II (dua) Tahun 2017, dengan menghadirkan perwakilan dari Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Timur, yakni terdiri dari Dinas Sosial maupun Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang merupakan unsur dan relawan Kementerian Sosial, dari Kabupaten Malang dihadiri secara langsung oleh Ibu Sri Wahjuni Pudji Lestari selaku Kepala Dinas Sosial dan Ibu Wiwik Indriyani selaku Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin.Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, dengan didampingi oleh jajaran pejabat struktural dan Kepala Unit Pelaksana Teknis dilingkup Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, serta stage holder terkait seperti Perum BULOG Divisi Regional Jawa Timur. Program Bantuan Beras Bersubsidi merupakan inisiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka untuk mempercepat proses pengentasan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar pangan berupa beras, yakni penyaluran beras kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebagai penerima manfaat dan harga tebus beras bersubsidi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

 Penyaluran Beras Bersubsidi Tahap II Tahun 2017 untuk Kabupaten Malang  dengan sarasan sebanyak 14.517 RTS, masing-masing RTS mendapatkan Beras sebanyak 10 Kg, dengan total beras yang disalurkan sebanyak 145.170 Kg, harga tebus beras Rp. 16.000,00 untuk 10 Kg Beras. Secara teknis penyaluran jadwal pelaksanaan Bantuan Beras Bersubsidi dijadwalkan sebagai berikut :

1.     Tanggal 3 Oktober 2017         :   Sosialisasi Tingkat Provinsi Jawa Timur dengan Kabupaten/Kota

2.     Tanggal 4-5 Oktober 2017     :   Sosialisasi Tingkat Kabupaten/Kota dengan Kecamatan dan Desa/Kelurahan

3.     Tanggal 6-8 Oktober 2017     :   Pembagian Kupon kepada Rumah Tangga Sasaran

4.     Tanggal 9-13 Oktober 2017   :   Pengiriman Beras ke Titik Distribusi dan sekaligus pembagian kepada RTS

Lebih lanjut untuk tertib pelaksanaannya, maka mekanisme penyaluran diatur :

1.     Titik Bagi berada di Desa/Kelurahan, yakni RTS mengambil Beras Bersubsidi di Desa/Kelurahan masing-masing;

2.     RTS mengambil Beras dengan menunjukkan Kupon yang ditukas dengan Beras sebanyak 10 Kg dan biaya tebus Rp. 16.000,00, dengan         juga menyerahkan foto copy KTP atau KK sebanyak 3 lembar;

3.     RTS yang pindah tempat tinggal tidak dapat diganti;

4.     RTS yang meninggal dunia bias mengambil beras, apabila ada ahli waris dengan menunjukkan bukti yang sah (KK, Surat Nikah);

5.     RTS yang diwakilkan harus menyertakan foto copy KTP/KSK dan yang mengambil harus orang yang tercantum dan KK tersebut;

6.     RTS yang dianggap sudah mampu oleh Kepala Desa, Beras Bersubsidi tidak perlu diberikan (dibuatkan surat keterangan oleh Kepala               Desa,  tetapi tidak bias digantikan oleh RTS yang lain).

Program semacam ini yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kiranya dapat membantu meringankan beban dari para RTS dalam memenuhi kebutuhan dasar pangan berupa Beras, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan ditingkat Rumah Tangga, tentunya manfaat ini yang akan dirasakan secara langsung oleh para RTS di Jawa Timur.